VISI
Visi adalah cita-cita bersama pada masa mendatang dari warga satuan pendidikan yang dirumuskan berdasarkan masukan dari seluruh warga satuan pendidikan. Visi SMA Negeri 1 Gantung adalah : “Terbentuknya Lingkungan Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAKEM), Berilmu, Berteknologi dengan lulusan yang Berkualitas, Inovatif, Beriman, Bertaqwa, dan Berkecakapan Abad 21
MISI
Misi SMA Negeri 1 Gantung ditetapkan sebagai representasi dari elemen Visi SMAN 1 Gantung dan elemen Profil Pelajar Pancasila. Point utama dalam visi sekolah yaitu :
Point Utama |
Deskripsi |
Pakem |
Salah satu upaya yang dapat dilakukan seorang guru adalah memilih pendekatan pembelajaran yang memungkinkan siswa berpartisispasi secara aktif sehingga dapat memahami materi yang dipelajari dan menguasai keterampilan yang diperlukan. Salah satu pendekatan pembelajaran yang tepat adalah PAKEM (Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan). |
Berilmu |
Proses penyampaian materi/transfer ilmu pengetahuan ke pada peserta didik didasari oleh fakta, teorema dan kajian keilmuan yang sesuai dan relevan oleh Pendidik |
Berteknologi |
Proses penggunaan teknologi terkini harus dibawa kedalam ruangan belajar
|
Lulusan yang Berkualitas |
Sekolah bukan hanya saja melakukan rutinitas meluluskan siswa setiap tahun pelajaran, tetapi sekolah membekali lulusan dengan ilmu dan keteramilan yang siap digunakan ke jenjang berikutnya ataupun ke dunia kerja |
Inovatif |
Sekolah membekali siswa supaya menciptakan ide, proses, atau produk baru yang akan menghasilkan perubahan ketika berada di lingkugan masyarakat atau dunia kerja |
Beriman dan Bertaqwa |
Sekolah bukan hanya menjadi tempat untuk transfer ilmu pengetahuan, tetapi juga sebagai tempat untuk menumbuhkan dan mengolah spriritual sesuai dengan agama mereka masing-masing |
Berkecakapan Abad 21 |
Sekolah bukan hanya sekedar mengajarkan materi dalam kurikulum saja, tetapi sekolah memperlengkapi generasi dengan kecakapan abad 21 (karakter, literasi dan kompetensi 4C) yang dibutuhkan siswa untuk dapat mengembangkan diri secara mandiri di masa mendatang |
Visi SMA Negeri 1 Gantung berjalan beriringan dengan pendidikan karakter dan Profil Pelajar Pancasila yang mempunyai elemen karakteristik : Beriman, bertaqwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia , Berkebinekaan global, Bergotong royong , Kreatif , Bernalar kritis, Mandiri
Maka ditetapkan misi SMA Negeri 1 Gantung sebagai berikut :
- Membiasakan melaksanakan proses pembelajaran di ruang kelas dengan PAKEM (Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan)
Representasi dari |
|
|
Visi |
: |
PAKEM |
Elemen Profil Pelajar Pancasila |
: |
Gotong Royong Kreatif |
- Membekali siswa dengan ilmu pengetahuan alam, sosial, seni, budaya dan keterampilan penggunaan teknologi yang bermanfaat
Representasi dari |
|
|
Visi |
: |
Berilmu, Berteknologi |
Elemen Profil Pelajar Pancasila |
: |
Bernalar Kritis Berkebinekaan Global |
- Mengikutsertakan siswa pada kegiatan Keagamaan dan Memeriahkan hari besar Nasionalisme dengan rasa tanggung jawab
Representasi dari |
|
|
Visi |
: |
Beriman , Bertaqwa |
Elemen Profil Pelajar Pancasila |
: |
Beriman Kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Berakhlak mulia Bergotong royong |
- Mengembangkan dan menerapkan pembelajaran berbasis HOTS dan membangun 6kemampuan literasi dasar (literasi baca dan tulis, literasi numerasi, literasi sains, literasi digital, literasi budaya kewarganegaraan dan literasi finansial) dengan berlandaskan prinsip kejujuran dan kemandirian dengan memperhatikan bakat dan minat pelajar
Representasi dari |
|
|
Visi |
: |
Berkecakapan Abad 21 |
Elemen Profil Pelajar Pancasila |
: |
Kreatif Bernalar Kritis |
- Memfasilitasi terlampauinya capaian kompetensi minimal tingkat SMA oleh peserta pelajar melalui matrikulasi, pemantauan perkembangan belajar, identifikasi permasalahan belajar, perbaikan, pendampingan, pengembangan dan kerjasama dengan orang tua.
Representasi dari |
|
|
Visi |
: |
Berkualitas |
Elemen Profil Pelajar Pancasila |
: |
Mandiri |
- Memberikan pengetahuan kewirausahaan, membimbing siswa menghasilkan produk kewirausahaan serta mengikutsertakan siswa pada lomba karya ilmiah dan teknologi tepat guna
Representasi dari |
|
|
Visi |
: |
Inovatif, Kreatif |
Elemen Profil Pelajar Pancasila |
: |
Kreatif Bernalar Kritis |